bolehkah laki-laki memperlihatkan body sixpacknya?

fitness pexels.com

Aurat pria memang antara pusat dan lutut. Namun pantaskah seorang pria membuka dadanya atau memamerkan bodynya yang six pack?

Pantaskah laki laki memerkan body sixpacknya?

Tidak pantas, seorang laki-laki memamerkan bodynya yang six pack, lebih-lebih lagi di hadapan para wanita. Taruhlah dada tidak termasuk aurat, namun memamerkan dada semacam itu termasuk khawarim al-muruah (menjatuhkan martabat dan wibawa seseorang). Memamerkan body seperti itu pula termasuk perilaku orang fasik yang tidak pantas untuk diikuti.

Ada kaedah pula yang perlu dipahami bahwa perkara mubah jika berdampak jelek (mafsadat), maka perkara mubah tersebut menjadi terlarang karena adanya dampak tadi. Jikalau memamerkan dada akan menimbulkan godaan syahwat atau membuka pintu kejelekan, perbuata tersebut menjadi terlarang.

Kita berpakaian itu punya beberapa tujuan (hikmah):
secara fitrah kita dituntut berpakaian
berpakaian untuk berpenampilan atau tampil menawan
berpakaian untuk melindungi diri dari panas dan dingin
berpakaian untuk menutup aurat.

Namun ada pakaian yang lebih dituntut bagi kita untuk memakainya yaitu libasut taqwa (pakaian takwa). Disebutkan dalam ayat Al-Qur’an,

يَا بَنِي آَدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآَتِكُمْ وَرِيشًا وَلِبَاسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ آَيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ , يَا بَنِي آَدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآَتِهِمَا

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya ‘auratnya.” (QS. Al-A’raf: 26-27)

Silakan jika ingin memiliki body six pack. Namun perhatikan pakaian takwa, ingat, pakaian takwa. Semoga jadi ilmu yang bermanfaat.

3 Replies to “bolehkah laki-laki memperlihatkan body sixpacknya?”

  1. ciplex was here! owowowowowwowoow
    ohhh bermanfaat sekaleee

  2. hmmm lagi cari-cari diinternet soal dalil telanjang dada bagi laki-laki dan yang ngeliat bukan muhrim gimana dapetnya kesini; kalo gak six pack atau perut buncit dan gak niat mamerin dada gimana ya? masih nyari searching lagi deh….

    1. Jagalah pandanganmu dan kemaluanmu(aurat) sungguh Allah berfirman pada surat An-Nur:30 Katakanlah laki-laki yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.