Buah Kesukaan Nabi Muhammad

buah kesukaan nabi

Penting bagi kita mengetahui buah apa yang disukai nabi besar kita muhammad shallallahu ’alaihi wa sallam. Marilah kita bersama sama belajar mengenai Buah-buah yang sesuai syariat nabi yaitu baginda muhammadshallallahu ’alaihi wa sallam. Pada kesempatan kali ini saya mau menulis tentang beberapa Buah yang menjadi Favorit Baginda Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam, sebagiannya ada yang biasa kita konsumsi sehari-hari lho.

Buah

Berikut beberapa list beserta riwayat hadist mengenai Buah-buahan yang beliau suka beserta khasiatnya.

buah kesukaan nabi

Kurma

Dari Jabir dan Abu Said bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

العَجْوَةُ مِنَ الجَنَّةِ وَفِيهَا شِفَاءٌ مِنَ السُّمِّ، وَالكَمْأَةُ مِنَ المَنِّ وَمَاؤُهَا شِفَاءٌ لِلْعَيْنِ

Kurma ‘ajwah berasal dari surga, ia merupakan penangkal racun, daging buahnya manis, yang airnya merupakan obat mata.” (HR. An-Nasa’i dan Ibnu Majah)

Sementara itu, keberkahan kurma ‘Ajwah Madinah yaitu dapat menyembuhkan sakit dan penawar racun. Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Shahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda. “Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah bersabda: “Sebaik-baik kurma adalah al-barniy. ia boleh menghilangkan penyakit dan tidak mengandung penyakit.(HR. Ibnu Adhi, Baihaqi Ad-Dhiya)

Rasulullah saw juga bersabda, “Rumah yang tidak ada kurma di dalamnya, maka kelaparanlah bagi penghuninya atau laparlah penghuninya”. (HR Muslim dan Tirmidzi).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah saw bersabda, “Sebaik-baik makanan sahur bagi orang mukmin adalah kurma”. (HR Ibnu Hibban dan Baihaqi).

tusfl kurma cake

Tsufl (olahan kurma)

Tsufl adalah makanan yang terbuat dari tepung dan kurma. Anas ibn Malik RA meriwayatkan : Rasulullah SAW sangat menyukai Tsufl (HR. al-Tirmidzi dan Ahmad)

kesukaan nabi labu

Buah Labu

Anas ibn Malik RA meriwayatkan : Seorang tukang jahit mengundang Rasulullah SAW untuk makan makanan yang dibuatnya, lalu aku pergi bersama Rasulullah SAW (sewaktu makan) aku melihat Rasulullah SAW mencari-cari labu di sela-sela potongan roti (HR. al-Bukhari dan Muslim)

minyak zaitun

Buah Zaitun

ائْتَدِمُوا بِالزَّيْتِ، وَادَّهِنُوا بِهِ، فَإِنَّهُ مِنْ شَجَرَةٍ مُبَارَكَةٍ

Berlauklah dengan minyak zaitun dan jadikanlah ia sebagai minyak oles, karena ia berasal dari pohon yan diberkahi.” (HR. Ibnu Majah)

Dari Abi Usaid Al-Anshari bahwa ia berkata, Rasulullah saw bersabda : “Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi).

semangka hd

Semangka

Abdullah ibn Jafar ibn Abi Tholib, berkata : Saya pernah melihat Rasulullah SAW makan Rutob dan mentimun (HR. al Bukhari) Aisyah menceritakan bahwa : Rasulullah SAW suka makan Semangka dan Rutob.(HR. Abu Daud dan al-Tirmidzi)

Berikut terkait makanan yang disenangi rasulullah, walaupun pada dasarnya semua itu bukanlah makanan sehari-hari beliau. semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat lebih menjadikan penyemangat bagi kita semua dalam meneladani rasulullah.

Demikian beberapa rangkuman mengenai apa-apa buah yang disukai/pernah nabi makan sebelumnya. untuk makanan dan minuman yang disukai dapat dicari tahu disini : https://abuadzhan.com/makanan-rasulullah-sukai/ dan https://abuadzhan.com/minuman-kesukaan-nabi-muhammad/

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: