Cara install react js

react for beginner

React js sangat flexibel dapat digunakan dalam berbagai project. Kita dapat membuat aplikasi baru full dengan react js, namun kita juga dapat menyisipkan react js pada project yang sudah kita kembangkan, tanpa perlu melakukan proses rewriting.

Jika kita baru ingin mencoba-coba saja, dan tidak mau melakukan instalasi apapun, kita bisa menggunakan codepen, disitu tinggal ubah-ubah sesuai keinginan. Oya, jangan lupa untuk mempelajari fundamental javascript-nya yaitu ES6.

Ada 2 cara populer melakukan instalasi pada react js, antara lain :

  1. Menggunakan Package Manager

    Sebelum dapat menggunakan React, maka kamu perlu untuk melakukan instalasi Nodejs terlebih dahulu. Untuk dapat melakukan instalasi nodejs maka installer dapat diperoleh dari website nodejs (https://nodejs.org/download ). Nodejs diperlukan karena dalam setiap langkah, kita sering kali memerlukan Node Package Manager (npm). Setelah proses instalasi selesai dilakukan, lakukan pemeriksaan aplikasi yang sudah terinstall dengan kode berikut pada terminal/command prompt.

    npm -v

    Perintah di atas akan menghasilkan output versi NodeJS yang terinstall di komputer kita.

    6.0.0

    Untuk membuat aplikasi baru full dengan react, kita dapat menggunakan bantuan package Create React App. Lakukan instalasi package pada terminal(command line) :

    npm install -g create-react-app


    Setelah proses instalasi package create-react-app selesai. Kita dapat, memulai membuat aplikasi react pertama kita. Jalan kan kode berikut pada terminal(command line) :

    create-react-app (nama_folder)


    Jika proses create react app berhasil maka akan tampil informasi Happy Hacking, seperti gambar dibawah ini :

    react create

    masuk dalam folder aplikasi, lalu jalan-kan npm start untuk mengcompile react-nya:

    cd (nama folder)
    npm start

    screenshot reactjs
    Jika proses compile berhasil maka akan tampil seperti gambar dibawah ini, buka url Local atau On your network pada terminal maka akan tampil halaman Welcome to React.

    npm start screenshot
    Ini adalah halaman welcome to react, jika sudah tampil halaman seperti ini maka create react projek pertama kita sudah berhasil

    project react js

  2. CDNJika kita tidak ingin menggunakan package manager seperti npm atau yarn, npm juga menyediakan distribusi file tunggal dalam folder dist:
    <script crossorigin src=”https://unpkg.com/react@15/dist/react.js"></script> 
    
    <script crossorigin src=”https://unpkg.com/react-dom@15/dist/react-dom.js"></script>

    Versi diatas hanya untuk mode development , untuk mode production kita diharuskan menggunakan source yang sudah Minified and optimized:

    <script crossorigin src=”https://unpkg.com/react@15/dist/react.min.js"></script>
    <script crossorigin src=”https://unpkg.com/react-dom@15/dist/react-dom.min.js"></script>
    
    
    

Kesimpulan

Untuk melakukan instalasi react js ada 2 cara yaitu:

  1. Menggunakan Package manager(npm, yarn)
  2. Menggunakan CDN(menyisipkan source react pada halaman web)

React memberikan segala kemudahan yang dibutuhkan programmer dalam mendevelop sebuah aplikasi yang ringan,cepat dan mudah digunakan. tergantung kebutuhan kamu mau pakai yang mana. Sekian dari saya semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua yang membacanya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.