Makanan Rasulullah Sukai

makanan rosulullah

Penting bagi kita mengetahui makanan dan minuman apa yang disukai nabi besar kita muhammad shallallahu ’alaihi wa sallam. Marilah kita bersama sama belajar mengenai makan makanan yang sesuai syariat nabi yaitu baginda muhammadshallallahu ’alaihi wa sallam. Pada kesempatan kali ini saya mau menulis tentang beberapa makanan dan minuman yang menjadi Favorit Baginda Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam, sebagiannya ada yang biasa kita konsumsi sehari-hari lho.

Makanan

Berikut beberapa list beserta riwayat hadist mengenai makanan yang beliau suka :

Daging Ayam 

Dari Abu Musa al-Asy’ari RA berkata : Saya pernah melihat Rasulullah SAW makan ayam (HR. al-Bukhari).

Daging Burung

Safinah RA meriwayatkan : Aku pernah memakan daging burung hubara bersama Rasulullah SAW. (HR. Abu Daud dan al Tirmidzi).

Daging Kelinci.

Dari Anas ibn Malik RA, berkata : Ketika kami berada Marr al Zhahran, kami mengejar seekor kelinci sampai berhasil menangkapnya, saya membawa kepada Abu Thalhah yang memotong dan menghadiahkan kedua pahanya kepada Rasulullah SAW, maka Rasulullah SAW menerimanya. (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Daging Kambing/Domba

Jabir ibn Abdillah RA meriwayatkan : Suatu hari, Rasulullah SAW keluar rumah, saya ikut menemani Beliau. Rasulullah SAW mendatangi seorang perempuan dari golongan Anshar. Perempuan itu menyembelih domba dan Rasulullah memakannya, kemudian perempuan itu menyuguhkan sepiring kurma matang, Rasulullah pun memakannya. Setelah itu, Rasulullah SAW berwudhu untuk melaksanakan shalat Dzuhur, lalu pergi. Perempuan yang sama tadi mendatangi Rasulullah dengan membawa sisa olahan daging domba dan Beliaupun memakannya. Kemudian shalat Ashar tanpa berwudhu terlebih dahulu. (HR. al-Tirmidzi).

Bagian Paha

Abu Hurairah RA meriwayatkan : Rasulullah SAW pernah disuguhi daging. Bagian kaki (dari daging itu) diberikan kepada Beliau. Rasulullah SAW menyukainya, maka Beliau menggigit daging itu (HR, al-Bukhari dan Muslim)

Daging yang di Bakar

Rasulullah SAW diriwayatkan oleh beberapa sahabat bahwa Beliau senang makan daging bakar. bahkan beberapa riwayat menjelaskan bahwa Rasulullah SAW dan sahabat-sahabatnya makan daing bakar di Masjid. Abu Rafi’ berkata : Saya bersaksi bahwa saya biasanya menyiapkan daging bakar/daging panggang buat Rasulullah SAW dan Beliau shalat sesudah memakannya tanpa berwudhu lagi. ( HR al-Tirmidzi dan Ahmad).

Bubur Daging (Tsarid)

Ibnu Abbas r.a. berkata : Makanan yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah bubur. (HR. Al Hakim)

Tsarid (bubur daging) memiliki keutamaan dibandingkan makanan yang lain, di antara banyaknya hadist shahih menyebutkan keutamaan tersebut. Sebagaimana disebutkan di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Nabi saw bahwa beliau bersabda, “Keutamaan ‘Aisyah dibandingkan semua wanita, bagaikan keutamaan tsarid (bubur daging) atas semua makanan”. (HR Muslim )

Diriwayatkan dari Salman Al-Farisi r.a. secara marfu’ bahwa Nabi saw bersabda, “Keberkahan itu terdapat di dalam tiga perkara: berjamaah, tsarid (bubur daging) dan makan sahur”. (Lihat Silsilah Al Hadist As Shahiih, hadist no 1045)

Diriwayatkan dari Asma binti Abu Bakar ra bahwa Apabila dirinya membuat tsarid, ia menutupinya dengan sesuatu sehingga hilang asapnya. Ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ‘Sesungguhnya Tsarid merupakan berkah yang paling besar”. (HR Ahmad dan Ad-Darimi)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: