Pengertian Bahasa Pemrograman PHP

php logo

PHP adalah bahasa pemrograman script sisi server yang didesain untuk pengembangan web. Dimana PHP ini merupakan singkatan dari Hypertext prepocessor yang digunakan sebagai bahasa pemrograman umum. Selain itu PHP juga digunakan bersamaan dengan bahasa pemrograman lainnya seperti bahasa pemrograman HTML, dan Javascript.

Pengertian PHP

PHP disebut bahasa pemrograman server-side karena. Hal ini berbeda dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript yang diproses pada web browser (client).

“Tahukah kamu, PHP adalah bahasa pemrograman web yang functional dan powerfull tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana. Bahkan, situs populer yang digunakan oleh jutaan orang seperti Facebook, Wikipedia, WordPress, Joomla, dll.’

Kepopuleran PHP

Kemudahan dan PHP  sudah menjadi standar bagi programmer web di seluruh dunia. Menurut wikipedia pada februari 2017, sekitar 82% dari web server di dunia menggunakan PHP. PHP juga menjadi dasar dari aplikasi CMS (Content Management System) yang  populer seperti Joomla, Drupal, dan WordPress.

Dikutip dari situs w3techs.com , (diakses pada 26 Juli 2017), berikut adalah pangsa pasar penggunaan bahasa pemrograman server-side untuk isi website di seluruh dunia:

screenshot w3ches

Bisa dilihat dari tampilan diatas website yang sedang kita gunakan saat ini menggunakan PHP. Baiklah dalam bagian ini kita sudah mengerti tentang pengertian PHP. Pada bagian selanjutnya kita akan membahas tentang sejarah PHP dan perkembangan versinya, dari awal kemunculannya pada tahun 1994, hingga menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer saat ini.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: