Pendahuluan WordPress

pengertian wordpress

Bagi temen-temen yang baru belajar cara membuat website, WordPress adalah pilihan terbaik. Kenapa? karena gratis, fiturnya tidak terbatas, dan proses belajarnya sangat mudah. Bahkan kalau kamu belum pernah memegang komputer sebelumnya pun temen-temen akan bisa membuat website dalam 5 menit. Itu baru sejengkal kehebatan wordpress.

Dalam seri panduan ini temen-temen akan belajar dasar-dasar WordPress, mulai dari instalasi sampai menguasai fitur-fiturnya. Saya harap ke depannya, temen-temen juga akan bisa membuat sebuah website berbasis WordPress.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS) yang bersifat open source. CMS adalah suatu sistem untuk men-publish, mengedit, memodifikasi, menghapus, dan mengorganisasi konten secara terpusat (wikipedia).

Dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti, WordPress merupakan sebuah software yang akan memudahkan temen-temen untuk membuat website dan mengelola konten secara online.

Saat ini, WordPress merupakan CMS terpopuler di dunia. Kamu sendiri pun secara sadar atau tidak sadar pasti sudah pernah berkunjung ke website berbasis WordPress. Wajar, karena lebih dari 25% website di internet dibuat dengan WordPress. Bahkan website-website terbesar di dunia pun menggunakan WordPress. Ini beberapa di antaranya:

wordpress pengguna

Selengkapnya ada di halaman ini.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Bahasa Indonesia menempati posisi ketiga sebagai bahasa yang paling banyak digunakan dalam pembuatan WordPress dengan persentase 2,4%. Hanya kalah dari Bahasa Inggris dan Bahasa Spanyol yang memang digunakan oleh banyak negara. Ini artinya ada sangat banyak website berbasis WordPress di Indonesia.

Selain wordpress, masih banyak CMS-CMS lain yang bisa digunakan untuk membuat website. Ada yang berbayar, namun banyak juga yang gratis seperti joomla dan drupal. CMS juga dikategorikan menurut keperluannya. Jika anda ingin membuat forum, bisa menggunakan vBulletin. Untuk membuat online shop bisa menggunakan Magento, Prestashop, atau Opencart. List lengkapnya bisa anda lihat di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_content_management_systems.

Mengapa WordPress Begitu Populer?

Menurut situs http://w3techs.com, dan https://wappalyzer.com, hingga bulan November 2014, dari sekian banyak website yang menggunakan CMS, lebih dari 60%-nya menggunakan wordpress. Market share lengkapnya bisa anda lihat dari grafik dibawah ini:

wordpress grafik

WordPress sudah ada sejak tahun 2003 dan telah memasuki versi ke-4, sehingga sudah relatif lebih ‘matang’ dari segi pengalaman. Ribuan plugin yang bisa didapat dengan mudah merupakan fitur paling menarik dari wordpress. Banyak programmer web telah mengenal wordpress, sehingga jika kita ingin bertanya tentang sesuatu, relatif mudah di cari penyelesaiannya. selain itu, berikut alasan utama kenapa website-website besar menggunakan WordPress:

  1. Dengan WordPress, kita tidak perlu membangun website dari nol sehingga banyak waktu dan tenaga yang bisa dihemat
  2. WordPress bisa dimodifikasi secara bebas dan tanpa batas sesuai kebutuhan si pemilik website, baik secara tampilan maupun fitur
  3. Banyak theme dan plugin yang tersedia sehingga anda bisa mengubah tampilan dan dan menambahkan fitur meskipun tidak paham sedikit pun tentang programming
  4. Proses belajarnya sangat mudah
  5. WordPress terus dikembangkan dan diperbaharui oleh jutaan programmer di dunia
  6. WordPress punya komunitas pengguna terbesar. Kalau anda mengalami kesulitan, jawabannya bisa ditemukan dengan mudah di internet

Dengan alasan-alasan tersebut, sejak 2003 sampai sekarang WordPress tetap menjadi CMS yang paling populer. Pada awalnya, WordPress hanya digunakan untuk membuat blog.tapi sekarang WordPress juga sering digunakan sebagai website dengan fungsi lain, misalnya situs komunitas, jual beli, direktori, portfolio, profil perusahaan, dan lain-lain.

Bagaimana Cara Kerja WordPress

WordPress pada dasarnya adalah kumpulan dari ribuan kode program PHP. Ketika pengunjung mengakses web kita, kode program ini akan diproses oleh web server dan kemudian menghasilkan kode HTML untuk dikirim kepada web browser.

Selain menggunakan PHP, wordpress juga menggunakan MySQL sebagai database yang digunakan untuk menyimpan seluruh artikel, komentar, dan data-data lainnya. Oleh karena itu, untuk dapat menggunakan wordpress di dalam komputer lokal, saya akan menggunakan aplikasi LAMPP

Jadi, bagaimana cara untuk membuat web kita ‘live’ di internet?

Walaupun kita akan mencoba menggunakan wordpress di komputer lokal (inilah yang akan kita pelajari nantinya), namun wordpress hanya akan berguna pada situs live yang bisa diakses di internet. Jadi, bagaimana caranya?

Tersedia dua pilihan untuk hal ini. Pertama adalah mendaftar di situs www.wordpress.com, dan anda akan memiliki situs dengan wordpress pada alamat: nama_anda.wordpress.com. Situs wordpress ini gratis namun dengan beberapa batasan. Salah satunya kita tidak bisa menggunakan theme sendiri (hanya bisa menggunakan theme yang disediakan).

Cara kedua adalah membuat website pribadi dengan menyewa domain dan web hosting. Melalui cara ini kita bisa mengakses seluruh fitur dari wordpress, namun hal ini tidak gratis. Untuk mendapatkan nama situs seperti www.abuadzhan.com, anda harus menyewanya melalui situs penyedia domain. Sedangkan untuk meletakkan file-file seperti artikel, gambar, video, dll harus menyewa web hosting.

Situs untuk menyewa domain dan web hosting ini ada yang global (luar negeri), namun banyak juga yang lokal (server Indonesia). Untuk yang lokal anda bisa menggunakan niagahoster, masterwebnet, jogjahost, jagoanhosting, atau qword. Untuk yang global bisa mencoba di hawkhost, bluehost, atau hostgator.

CMS buatan Indonesia

Karena pada tutorial ini saya banyak membahas CMS, terasa kurang rasanya jika saya tidak membahas tentang CMS buatan anak negeri.

Walaupun mayoritas CMS populer di dunia dibuat oleh negara eropa/amerika, banyak juga programmer web Indonesia yang berkreasi dan membuat CMS-CMS sendiri. Beberapa diantaranya adalah:

Silahkan anda mencoba CMS ‘rasa’ Indonesia di atas, dan semoga saja suatu saat bisa menjadi salah satu CMS yang bisa menyaingi wordpress. Demikian sekilas tentang WordPress semoga dapat bermanfaat. Untuk postingan selanjutnya saya akan membahas mengenai cara menggunakan wordpress pada localhost.

2 Replies to “Pendahuluan WordPress”

  1. wah makasih bang membantu nih buat referensi gua bang

  2. Masya Allah, sangat bermanfaat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.