Perbedaan HTML5 dan html pendahulunya

perbedaan html dan html5

HTML5 ini dirilis dengan tujuan utama meningkatkan pengalaman ber-internet untuk pengembang dan pengguna. HTML5 adalah versi terbaru dari HTML. Versi terakhir HTML sebelum HTML5 adalah HTML 4.01. dan XHTML 1.1.

Perkembangan HTML terhenti pada versi 4.01 di tahun 1999. W3C ( World Wide Web Consortium ) sebagai badan yang bertanggung jawab dalam standarisasi teknologi internet (termasuk HTML), kemudian beralih mengembangkan XHTML yang juga akhirnya menemui jalan buntu pada versi 2.0. Jika sebelumnya anda sudah terbiasa menggunakan HTML 4.01 ataupun XHTML 1.1, terdapat perubahan kecil pada HTML5.

Pada dasarnya HTML5 adalah gabungan ‘best practice‘ dari HTML 4.01 dan XHTML. Hampir semua tag atau elemen pada HTML 4.01 maupun XHTML 1.1 dapat digunakan dalam HTML5.

Manfaat dan Perbedaan HTML5 dengan pendahulunya

Manfaat terbesar yang dimiliki oleh HTML5 jauh lebih banyak dari pendahulunya. salah satunya adalah memiliki dukungan audio tingkat tinggi dan video yang bukan bagian dari spesifikasi versi di HTML sebelumnya. perbedaan lain antara HTML dan HTML5 :

  1. SVG, canvas dan grafis vektor virtual lainnya didukung oleh HTML5, sedangkan di HTML, penggunaan grafis vektor hanya mungkin dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi lain seperti Flash, VML, dan Silver-light, dll
  2. HTML5 menggunakan database SQL web, aplikasi cache untuk penyimpanan sementara, sedangkan, dalam HTML hanya cache browser yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan ini.
  3. Perbedaan lain antara HTML dan HTML5 adalah, versi sebelumnya tidak mengizinkan JavaScript untuk berjalan dalam browser (justru berjalan di thread antarmuka browser) sedangkan yang HTML5 mendukung penuh JavaScript bisa berjalan di background.
  4. Dalam HTML5, inline MathML dan SVG bisa digunakan dalam teks sedangkan dalam HTML tidak memungkinkan.
  5. Beberapa elemen usang yang kini telah dihapuskan adalah: isindex, noframes, acronym, applet, basefont, dir, font, frame, frameset, big, center, strike, tt.
  6. HTML5 mendukung form control yang baru, misalnya: tanggal dan waktu, email, nomor, range, tel, url, pencarian, dll
  7. Ada banyak elemen baru yang diperkenalkan dalam HTML. Beberapa yang paling penting adalah: summary, time, aside, audio, command, data, datalist, details, embed, wbr, figcaption, figure, footer, header, article, hgroup, bdi, canvas, keygen, mark, meter, nav, output, progress, rp, rt, ruby, section, source, track, video.

sumber :

id.wikipedia.org/wiki/HTML

duniailkom.com/tutorial-belajar-html5-perbedaan-html5-dengan-html-4-dan-xhtml-1-1

hostinger.co.id/tutorial/perbedaan-html-dan-html5

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.