Pendahuluan React

react for beginner

Pada artikel ini kita akan membahas tema React for beginner dan mengapa kita harus menggunakan React JS.

Apa itu React JS ?

React JS adalah sebuah pustaka/library javascript yang bersifat opensource untuk membangun User Interface yang dibuat oleh Facebook. React JS hanya mengurusi semua hal yang berkaitan dengan tampilan dan logika di sekitarnya. React JS ini diciptakan dengan tujuan untuk :

Membangun aplikasi skala besar dengan data yang berubah dan terus berubah dari waktu ke waktu.

Mengapa Facebook membuat React JS ?

  1. Data binding yang rumit, pernahkan anda mengolah form yang didalamnya ada 20 element text input ? jika kita menggunakan javascript biasa kita harus melakukan data binding(getElementById) sebanyak element text input yang ada didalam form, sangat jelimet bukan ? namun jika kita menggunakan react, kita cukup menyimpan data element didalam object state yang nantinya akan di re render oleh react ketika ada perubahan pada object state tersebut.
  2. Banyak perubahan data pada element setiap waktu, jika kita pengguna facebook maka kita bisa mencermati setiap page facebook data elementnya update setiap sekian detik. Dengan mengusung konsep Virtual DOM, inilah mengapa react js sangat cocok digunakan pada aplikasi yang data pada elementya mengalami perubahan setiap waktu.

Keunggulan react js ?

  1. Mudah dipahami
    Gaya penulisan yang deklaratif membuat react js mudah dipahami dan membuat react mudah di prediksi jika ada kesalahan penulisan kode.
  2. JSX
    JSX adalah sebuah extension javascript yang di gunakan react untuk menulis HTML di dalam Javascript. JSX bukanlah sintaks javascript, sehingga browser tidak bisa membaca sintaks ini, di butuh kan sebuah JSX compiler yang di gunakan untuk menterjemahkan JSX kedalam bahasa regular javascript agar bisa terbaca oleh browser. Saya sendiri menggunakan BABEL JS sebagai JSX compilernya.
  3. Modular
    Untuk membuat aplikasi dengan skala besar, kita dapat menulis kode-kode dengan skala yang lebih kecil untuk di satukan menjadi aplikasi utuh, dan dapat di gunakan kembali (reusable).
  4. Scalable
    React js dapat menangani dengan sangat baik sebuah program dengan skala yang besar yang dapat menampilkan perubahan data yang sangat kompleks.
  5. Flexibel
    Dengan belajar 1 libary saja kita dapat membuat aplikasi Web, Moblie, maupun Desktop.
  6. Effisien dan Cepat
    React JS menciptakan Virtual DOM untuk mempercepat urusan perubahan DOM. Semua operasi di kerjakan di dalam Virtual DOM, setelah operasi selesai React JS menulis perubahan tersebut di dalam DOM. Contoh kasusnya seperti ini: “Jika kita menulis dalam secarik kertas menggunakan spidol, apabila terjadi kesalahan penulisan kita harus menulis di kertas yang baru. Berbeda jika kita menggunakan pensil, cukup menghapus dan memperbaiki pada bagian yang salah ”.
  7. Mudah Debugging
    Ketika kita mulai menggunakan React JS, jangan lupa menginstall extensi resmi React JS. Kita dapat dengan mudah menjelejah Virtual DOM pada aplikasi yang sudah kita buat, sehingga jika ada bug bisa cepat ditemukan.
  8. SEO Bagus
    Salah satu masalah terbesar dari library Javascript pada umumnya adalah mereka tidak support search engine. Meskipun sudah banyak perbaikan, mesin pencari umumnya masih mengalami kesulitan. Namun tidak dengan React JS, kita dapat menjalankan React JS pada server dan Virtual DOM diberikan ke browser sebagai halaman web biasa, sehingga sangat support SEO.
  9. Dokumentasi Lengkap
    Dokumentasi react yang sekarang sudah mudah dipahami. Terutama untuk belajar fundamental dan dasar dasar dari reactnya itu sendiri. Dengan begitu, mempelajari react akan lebih mudah dan terutama di dukung dengan semangat dan ketekunan dalam mempelajarinya.

Kelemahan react js ?

Meskipun React JS sangat powerfull, namun juga memiliki beberapa kelemahan antara lain:

  1. Hanya View Layer
    React js hanya sebuah pustaka View Layer, untuk membangun aplikasi besar kita harus menyusun sendiri kebutuhan aplikasi lainya seperti data layer, router, struktur aplikasi dan event system(kecuali event DOM).
  2. Dukungan browser
    React js tidak mendukung browser versi lama, hanya browser versi baru. React js menghentikan dukungan pada browser Internet Explorer versi 8, sampai saat ini react yang bisa jalan di IE 8 adalah react versi v0.14. Versi terbaru dari react hanya mendukung Internet Explorer versi 9 keatas.

Kesimpulan

React Js adalah pustaka UI yang di bangun oleh facebook sangat sederhana dan cepat. Aplikasi yang di buat menggunakan ReactJS dapat menangani perubahan tampilan yang kompleks dan sangat cepat, serta responsive. Sangat cocok untuk aplikasi skala besar.

Demikian Penjelasan dari saya, Semoga bermanfaat untuk diskusi bisa ditanyakan di komentar bawah ya.

4 Replies to “Pendahuluan React”

  1. kalo bisa buat font agak lebih mudah dibaca… lama-lama saya bisa sakit mata, buat lebih tebal atau besarin font. ?

    1. Siap mas, terimakasih atas masukan dan sarannya. Saya akan perbaiki baik dari amp maupun web responsivenya.

  2. boleh juga dicoba nih! apakah contoh cara membuatnya?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.