Skincare perawatan kulit yang bermasalah

kulit wajah

Tips dan cara perawatan kulit yang bermasalah merupakan salah satu metode yang dicari oleh banyak orang karena kulit adalah salah satu bagian dari tubuh yang sangat vital fungsinya. Banyak terjadi permasalahan pada kulit kita seperti kulit kering, pecah-pecah, jerawat di wajah, bisul, kulit kasar, eksim, dan juga keriput yang tidak wajar. Hal ini tentunya akan mengganggu penampilan kita.

Kulit merupakan salah satu cerminan dan indikator dari kondisi kesehatan tubuh kita. Saat ketidakseimbangan terjadi dalam tubuh, biasanya kulit segera memberitahukannya ke kita dengan cara memunculkan tanda-tanda masalah seperti di atas. Dan perawatan kulit harus segera dilakukan, yaitu dengan melakukan detoksifikasi, selain juga penambahan asupan nutrisi makanan yang bergizi untuk tubuh, dan juga dengan cara mengurangi stress yang belebihan dalam hidup kita.

Berikut ini adalah masalah-masalah yang biasa terjadi pada kulit kita dan cara perawatannya:

1. Kulit Keriput, Kering dan Kusam

Kulit kering dan kusam memang membuat tidak nyaman ya? Hal ini terjadi karena tubuh kita yang kekurangan asupan makanan bernutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Memang saat usia kita sudah mulai menua, kulit juga akan berubah menjadi keriput dan kering dan kusam, namun saat sebelum itu, kulit kering dan keriput merupakan tanda bahwa kuta kekurangan gizi serta kekurangan air atau dehidrasi.

Untuk mengatasi kekurangan asupan makanan bernutrisi serta dehidrasi ini adalah dengan banyak minum air putih setidaknya 8 gelas perhari, serta makan makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, produk kelapa, minyak zaitun, ikan, dan kacang-kacangan setiap hari selama 30 hari. Dengan menambah asupan makanan dengan banyak lemak sehat ini isnha Allah terjadi perbaikan pada kulit Kamu seperti kulit yang kembali terlihat segar, berkurangnya kerutan-kerutan dan keriput, serta kulit lebih lembab dan tidak kering dan kusam lagi.

2. Kulit Berjerawat

Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang sangat banyak dikeluhkan, terutama oleh pria dan wanita yang berusia masih muda, karena itu sangat berpengaruh pada penampilan mereka. Bahkan karena jerawat ini menyebabkan kita menjadi tidak percaya diri dalam bersosialisasi dan bermasyarakat dengan lingkungan sekitar kita. Hal ini tentunya sangat tidak bagus, oleh karena itu perawatan kulita yang berjerawat harus segera dilakukan untuk menghindari dampak yang lebih buruk lagi.

Penyebab utama dari jerawat adalah adanya masalah di dalam usus kita, yaitu penumpukan racun dan ketidakseimbangan bakteri yang berada dalam tubuh, serta ketidakseimbangan hormonal. Jerawat ini sering muncul saat tubuh kita terdapat racun yang tidak terbuang dengan baik dan akhirnya mempengaruhi kesehatan tubuh. Hal ini berhubungan dengan fungsi hati yang menetralkan racun dalam tubuh, jika kelebihan beban dan tidak dapat menangani racun yang masuk dengan baik maka akan dikeluarkan melalui kulit dengan hasil akhir yaitu jerawat.

Untuk menghindari dan mengatasi jerawat karena banyaknya racun dalam tubuh dapat diatasi dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan bergizi dan bernutrisi seperti buah dan sayuran, daging, susu dan kurangi makan makanan seperti junk food atau makanan cepat saji yang tidak sehat, serta minuman beralkohol dan berkarbonasi.

Selain itu juga banyak yang terkena jerawat pada bagian sekitar dagu dan mulut. Hal ini biasanya diakibatkan karena ketidakseimbangan hormonal.

Hal lain penyebab dari jerawat adalah sudah banyak penelitian menemukan bahwa orang yang memiliki jerawat memiliki ketidakseimbangan bakteri dalam usus mereka, dengan memiliki lebih banyak bakteri buruk daripada bakteri baik. Jerawat yang muncul di sekitar mulut dan dagu biasanya merupakan tanda ketidakseimbangan hormonal.

3. Eksim Pada Kulit

Eksim atau eczema adalah istilah yang umum digunakan untuk jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh banyak sebab, dengan ciri-ciri kulit yang meradang dan iritasi, kulit yang kemerah-merahan, juga dapat berbentuk kulit yang kering, tetapi basah. Penyakit ini juga terjadi pada kulit dengan gambaran yang bermacam-macam, seperti eksim yang disebabkan karena alergi kulit yang disebabkan tersentuh zat kimia tertentu, ada yang karena sinar matahari, ada yang timbul dilokasi yang khas akibat makan obat tertentu, ada yang disebabkan oleh tekanan psikis, dan ada juga yang penyebabnya tidak jelas.

Penyakit eksim terbagi menjadi dua yaitu :

  1. eksim kering (neurodermatitis) adalah penebalam kulit diertai relief yang nyata
  2. eksim basah (dermatitis numularis) ditandai oleh bercak berisisk, berbentuk bulat, berbatas tegas, berbintil-bintil yang ada airnya dan terasa sangat gatal dengan lokasi paling sering pada bagian punggung dan dada.

Perawatan kulit yang yang terkena eksim ini adalah dengan menghilangkan rasa gatal untuk mencegah terjadinya infeksi. Hal ini terjadi ketika kulit terasa sangat kering dan gatal, lotion dan krim pelembab sangat dianjurkan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab. Panggunaan pelembab atau lotion ini biasanya dilakukan saat kulit masih sedikit basah seperti saat sehabis mandi sehingga lotion yang dioleskan akan mempertahankan kelembaban kulit. Selain itu dapat juga dengan cara dikompres dingin agar dapat engurangi rasa gatal yang timbul.

Jika kondisi eksim pada kulit semakin meluas, Kamu dapat pergi ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut. Biasanya pihak dokter akan memberikan salep atau krim yang mengandung kortikosteroid seperti hydrokortison. Salep atau lotion ini diberikan untuk mengurangi proses inflamasi atau keradangan. Sedangkan jika terjadi kasus yang berat, dokter akan memberikan tablet kortikosteroid dan apabila pada daerah eksim telah terinfeksi maka bisa diberikan antibiotika untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Obat lain yang dibutuhkan adalah antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang terlalu berat, dan cyclosporin untuk penderita yang tidak berespon terhadap semua jenis pengobatan yang diberikan.

4. Rosacea

Rosacea adalah kondisi kelainan pada kulit yang umumnya terjadi pada bagian tengah wajah. Kelainan ini ditandai dengan warna wajah yang kemerahan dan adanya luka berisi seperti nanah. Rosacea biasa ditandai dengan wajah yang bengkak dan merah, dengan bintil-bintil merah menandakan adanya pembuluh darah yang pecah, kulit wajah mudah memerah, kekeringan kulit wajah yang berlebihan dan iritasi di sekitar hidung dan pipi. Kondisi ini bersifat berkepanjangan (kronis), dan saat sudah parah maka akan tampak seperti luka terbakar. Para penderita rosacea biasanya akan tertekan dan malu dengan penyakit ini, sehingga banyak diantara mereka yang cenderung mengalami masalah psikologis dan juga emosional.

Penyebab utama dari rosacea ini belum diketahui secara pasti, namun sebagian besar adalah karena masalah pada usus dan sistem pencernaan si penderita yang tidak seimbang, sehingga terjadi penumpukan racun di usus. Pemicu lainnya, diantaranya adalah perubahan iklim, paparan temperatur yang berlebihan, dan terbakar matahari. Komponen tertentu dalam makanan, yaitu kafein, alkohol dan rempah-rempah, juga dapat menyebabkan kondisi ini. Pemicu lainnya termasuk latihan stres dan kecemasan. Beberapa obat, seperti steroid olesan, dapat menyebabkan iritasi kulit yang menyebabkan Rosacea.

Perawatan kulit wajah yang terkena rosacea biasanya dilakukan dengan tujuan mengurangi kemerahan dan luka wajah, dan meminimalkan terjadinya dan tingkat keparahan sensasi terbakar. Gabungan obat oles dan diminum biasanya digunakan untuk mengendalikan gejala. Setelah terkendali dengan baik, pengobatan oles digunakan untuk memastikan kondisi membaik. Perbaikan biasanya tercatat setelah 1-2 bulan pengobatan. Selain itu ditambah dengan diet sehat dan juga penambahan probiotik akan mempercepat penyembuhan penyakit rosacea ini.

Makanan Yang Mendukung Perawatan Kulit

Selain dari cara pengobatan penyakit kulit diatas, cara yang tepat dalam mempercepat proses penyembuhannya adalah dengan cara mengkonsumsi banyak makanan yang bergizi, diet dan juga detoks.

Untuk makanan yang dianjurkan dalam penyembuhan kulit yang bermasalah, kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan oleh kulit. Kulit kita membutuhkan nutrisi tertentu untuk menjadi sehat dan berseri. Khususnya Vitamin A, Zinc, Vitamin C, Omega-3 Fatty Acids, Biotin, Vitamin E, asam pantotenat (vitamin B5), Selenium, Silica, Niacin, Vitamin K2 dan Probiotik. Ini dapat ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk sayuran hijau dan buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian, produk hewani organik seperti ikan, telur, daging, biji chia, spirulina dan makanan fermentasi.

Untuk detoks dan juga diet, kita bisa mencoba membuat minuman yang mengandung zat detoks seperti air jahe, kunyit serta mencampurkan cuka apel dan spirulina pada makanan. Diet juga diperlukan dalam proses penyembuhan kulit yang bermasalah ini, yaitu dengan mengontrol pola makanan sehingga tidak terlalu berlebihan, hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula, serta makanan olahan.

Demikianlah, beberapa tips dalam perawatan kulit yang mengalami masalah. Intinya adalah biasakan hidup dengan cara yang sehat, menjaga pola makan yang seimbang, berolah raga, kurangi stress, dan yang utama adalah selalu dekatkan diri kepada Allah SWT yang telah memberika karunia-Nya kepada kita semua. Semoga bermanfaat.

One Reply to “Skincare perawatan kulit yang bermasalah”

  1. Thanks so much for the condescending response.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.